Jumat, 15 Februari 2008

REUNI 3P1 TAHUN 2007


REUNI KLAS 3 P1 SMAN 3 PADMANABA YOGYAKARTA

29 Desember 2007 jam 09.00-17.00

Di rumah T. Yoyok Wahyu Subroto, Mlati Krajan No.47 Yogyakarta



HARI ITU, 29 Desember 2007, Yogya dan sekitarnya diguyur hujan mulai jam 4 pagi. Sampai jam 08.00 hujan masih turun. Hari itu hari yang ditunggu-tunggu alumni SMA 3 untuk bereuni setelah 28 tahun berpisah.


Jam 06.40 Mas Suryo sudah mengingatkan teman teman posisinya di mana?

Aku jawab sebentar lagi berangkat…! Dijawab lagi nanti di reuni akan memberikan sesuatu yang ada nama masing-masing.

Jam 09.10 masih gerimis kecil aku sampai di rumah Yoyok, sebuah tempat yang indah untuk bernostagia. Sapaan keluarga yang ramahpun menyambut alumni 3P1 79 untuk bereuni. Saat sampai baru ada GTS dan Pak Amin (3P4 dulu).

Jam 09.35 teman-teman berdatangan ada yang rombongan ada yang sendiri.

Temen-temen datang dengan ubo rampe nya untuk hidangan santap siang reuni.Kedatangan temen-temen disertai dengan jabatan tangan, cipika-cipiki, berpelukan kaya Teletabis.

Jam 10.00 mulai banyak lagi yang datang. Sambil menunggu temen-temen di yang lain, ditayangkanlah foto-foto kenangan SMA dulu.

Dari foto-foto yang ditayangkan terbukalah ingatan semasa SMA. Tidak semua orang mempunyai foto-foto kenangan seperti yang ditayangkan, sehingga begitu ditayangkan ingatlah temen-temen yang dulu bercandaria. Bahkan teman yang bukan klas 3P1 pun nampak di foto kenangan tersebut.

Masing-masing menceritakan pengalaman pribadinya sambil makan kacang mete, kacang bawang dll. Tidak jarang juga temen-temen pada nyek-nyekan mengenang perilaku masa lalu yang lucu, indah dan pokoknya luar biasa…Dari ‘casing bodynya’ ada yang menjadi gemuk, gemuk sekali, tetep putih, tetep kecil dsb…


Jam 11.30 Ibu ketua (mbak Ani) sudah mengingatkan agar segera mencicipi tahu brontak seperti SMA dulu sekaligus makan siang karena jam 13.00 ditunggu kepala sekolah di SMA 3.

Ada bebek goreng, gudeg, dan berbagai makanan lezat lainnya. Sebelum berangkat ke SMA 3, Bu Ketua dan tuan rumah Pak Yoyok mengemukakan rencana kita membantu sekolah dalam ujud papan majalah dinding. Dan terkumpullah dana untuk keperluan itu.

Suryo mulai membagikan hadiah topi ekslusif yang hanya dipunyai oleh alumni 3P1 tahun 1979 lengkap dengan nama masing-masing. Terima kasih Sur…!


Jam 13.10 sampai di SMA 3 disambut Kepala Sekolah dan Wakilnya. Rombongan diterima di kelas multimedia yang dulu jadi klas II P1. Di klas ini scenario Suryo akan dibuang di jendela tidak kesampaian, soalnya jendela tertutup rapat lengkap dengan teralis/ besi pengamannya. Di ruangan ini rombongan dijelaskan oleh Kepala Sekolah (Bapak Bambang..?) yang kan segera menduduki jabatan baru sebagai Kepsek SMA 1. Oleh kepala sekolah dirasakan betapa peran alumni Padmanaba cukup besar. Yoyok pun sebagai mediator antara alumni dan SMA 3 mengakui baru kali ini ada reuni seperti ini. Biasanya reuninya lebih besar, dari berbagai angkatan dan biasanya acaranya serius sekali..tidak seperti kali ini.

Di hadapan kepala sekolah masing-masing saling memperkenalkan diri, nama, kuliah setelah lulus SMA 3 dan bekerja di mana.

Ada hal yang perlu dicontoh oleh adik-adik SMA 3 sekarang! Ternyata 3P1 tahun 1979 kuliahnya menyebar di berbagai bidang dan perguruan tinggi. Umumnya lanjut kepala sekolah, umumnya lulusan SMA 3 kini berbondong-bondong ingin masuk Kedokteran UGM. Padahal tempatnya terbatas, sehingga perlu disarankan untuk tidak selalu di UGM, misalnya UNS…tempat dr. Endang ngajar!!

Rombongan eks 3P1 inipun sempat juga disambut oleh siswa-siswa SMA 3, ada anaknya dr Endang…, anaknya dr. Coco (Laksono Trisnantoro, adiknya Pita, 2P1 dulu…) dll.


Jam 14.15 setelah acara resmi, kemudian rombongan menelusuri klas-klas kita sekolah dulu. Ada lab kimia, ruangan kelas 3P1 dulu. Di situ kita menempati posisi duduk dulu, lalu difoto! Kondisi kelas kita tidak berbeda jauh dengan 28 tahun lalu. Ruangan kelas tampak sederhana, tidak ada polesan berarti seperti halnya kelas multimedia. Rombongan foto-foto dan bercanda ria di depan kelas dan diakhiri dengan foto di depan sekolah dengan posisi sama dengan 28 tahun lalu. Sayang..hanya 20 orang yang mengisi foto terakhir di depan SMA 3. Untung ada pak Amin yang bersedia mengambil foto dan dititipin banyak kamera untuk mengambil foto, sehingga 20 orang dapat tetap utuh.


Jam 15.10 rombongan kembali ke padepokannya Yoyok, untuk melanjutkan bercandaria. GTS yang kerja keras karena menyiapkan CD berisi foto-foto lama, foto keluarga dan foto yang baru saja diambil selama reuni. Sambil menyiapkan CD, temen-temen kembali berhaha hihi.., sambil menikmati salah hasil dari Sleman buah tangan Rin Utari.


Jam 16.30 Temen-temen bersiap pulang, beberapa ‘panitia’ masih beres-beres sambil mengemasi oleh-oleh berupa salak yang masih buanyak… GTS pun membagi hadiah…lagi yang bisa dipakai satu tahun…Agenda 2008.


Banyak kenangan, kesan yang dijadikan memori untuk dibawa pulang ke kota, rumah dan pekerjaan masing-masing. Jangan lupa email 3P1 tetap dilanjutkan ya……!

PRJ

1 komentar:

3p1padmanaba79 mengatakan...

Coba ya...kalau semua bisa..ngumpul...pasti lebih heboh...
Wong..reuni kemarin aja udah heboh..je..
Dampaknya sekarang ...tulisan emailnya penuh....!
Silahkan dilanjutkan..GBU!