Rabu, 11 Juni 2008

Renungan pagi

oleh Demitria Dewi H.

Dalam renungan pagi, saya mencoba untuk bisa berkomunikasi

dengan Tuhan….

Tuhan jangan jauh dariku, sertailah kami selalu, dimanapun....

kapanpun…

Tuhan : Nanti sore, saya mau mandi air hangat, tolong siapkan…

Saya : Baik Tuhan, untuk Tuhan akan selalu saya siapkan…

Tuhan : Mana air panasnya?

Saya : Maaf Tuhan, saya belum sempat menyiapkan air panas, saya masih sibuk menyiapkan untuk makan malam untuk Tuhan.

Tuhan : Engkau rajin sekali, terimakasih makan malamnya, tapi saya ingin kamu menyiapkan air panas saja, bukan makan malam.

Komunikasi diatas…sekilas biasa-biasa saja, tapi mengandung makna yang dalam.

Kita selalu berdoa : terjadilah padaku menurut kehendak Mu ya Tuhan….Tetapi….kita sebagai manusia sangat banyak mempunyai keinginan, punya kehendak, yang kadang-kadang bukan merupakan kehendak Tuhan.

Kehendak Tuhan adalah : hari ini saya harus menyiapkan air panas, tetapi sering saya melakukan bukan kehendak Nya, menurut saya apa yang saya lakukan baik di mata orang lain…..di mata keluarga..di mata saya...tetapi sebenarnya bukan kehendak Tuhan. Saya tidak menyiapkan air panas, tetapi saya sibuk menyiapkan makan malam, yang sangat menghabiskan waktu, tenaga, pikiran dan dana. “Bukan itu yang Ku kehendaki

Kembali pada kehidupan kita sehari-hari, betapa sering kita melakukan hal-hal yang bukan prioritas, masih banyak hal-hal yang harus kita lakukan...yang harus kita pikirkan. Mana yang prioritas harus kita lakukan? Mana yang penting? Itu kita sendiri yang tahu…tentu saja dengan tuntunan kata hati….suara hati kita….

Apa yang kita lakukan, kadang-kadang hanya menuruti kemauan daging saja, ingin ini ingin itu. Kita harus berpikir sebelum melakukan sesuatu…apakah ini bermanfat? Apakah yang kulakukan ini dapat melukai orang lain? Mengecewakan orang lain? Membuat orang sedih? Membuat orang lain marah.

Marilah kita mulai berbuat mengikuti kata hati…..dari diri kita sendiri, dalam keluarga kita, lingkungan dekat kita, tetangga, sahabat..…untuk saling menghormati, saling berempati…kita lakukan hal-hal yang menjadi kehendak Nya…*demitri

Tidak ada komentar: